Tipe Data pada SQL Server 2008

Pada SQL Server 2008 terdapat beberapa tipe data baru yang tidak ada pada versi SQL Serve sebelumnya. SQL Server 2008 memiliki total 35 tipe data yang dibagi ke dalam 7 kategori : Exact Numbers, Approximate Numbers, Date and Times, Character Strings, Unicode Character Strings, Binary Stings, and Other data types.

Numbers

Untuk Numbers terdapat dua kategori Exact Numbers dan Approximate Numbers.
Approximate Numbers terdiri dari tipe data Real dan Float. Approximate Numbers digunakan untuk bilangan exponential

Exact Numbers terdiri dari tipe data Decimal, Integers dan Money.

Integers terbagi menjadi 4 :

  • BigInt: -9,223,372,036,854,775,808 to 9,223,372,036,854,775,807
  • Int: -2,147,483,648 to 2,147,483,648
  • SmallInt: -32,768 to 32,767
  • TinyInt: 0 to 255
BigInt memakan 8 bytes per baris sedangkan Int memakan 2 bytes per row. Jadi penggunaan tipe data Int harus tepat sesuai dengan kebutuhan untuk menghemat disk space dan menghindari buffer overruns.

Decimal, Numeric, Money dan SmallMoney mendukung angka decimal. Penggunaan disk space pada keempat tipe data tersebut dilihat dari total panjang dan angka decimal di belakangnya. Semakin banyak jumlah digit nya semakin besar disk space yang dibutuhkan.

Strings

Untuk strings terdapat Char, VarChar, and Text. Tipe data char (character) dapat menyimpan angka, huruf, dan karakter keyboard. Tipe data char memiliki panjang yang fixed, max lengthnya mencapai 8000. Sedangkan varchar adalah tipe data char yg panjangnya sesuai dengan karakter yang dimasukkan sehingga lebih hemat dalam penggunaan disk space karena pada char panjangnya fixed sesuai dengan deklarasi panjangnya. Apabila pada char, total karakter yang dimasukkan kurang dari panjangnya, sisanya akan digantikan dengan spasi. Untuk tipe data text sama dengan varchar(8000).

Unicode

Untuk membuat website internasional yang terdiri dari banyak bahasa dan membutuhkan unicode, SQL Server menyediakan tipe data string yang support unicode, yaitu dengan menambahkan huruf 'n' pada tipe-tipe data string. Contohnya : nchar, nvarchar, ntext. Akan tetapi dengan menggunakan unicode ini maka disk space yang dibutuhkan semakin tinggi.

Binary Strings

Untuk menyimpan data non-character digunakan tipe data binary. Tipe data binary terdiri dari binary dan varbinary. Ada juga tipe data image yang dipakai untuk menyimpan image, akan tetapi data yang disimpan tetap berupa data binary.
Other Data Types
Yang termasuk ke dalam kategori ini adalah Cursor, HierachyID, SQL Variant, Table, TimeStamp, UniqueIdentifier, and XML.
Dates and Times

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Copyright © / Tommy

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger